Ketua umum Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Kangmas Muhammad Taufiq sampaikan pesan penting dihadapan calon warga tingkat I PSHT Timor Leste tahun 2023, Senin (07/08) malam.

Dikatakan Kangmas Muhammad Taufiq, bahwa manusia sebagai mahluk Tuhan terutama, telah di anugerahkan banyak energi untuk kesempurnaan hidupnya.

“Tuhan telah memberi kita energi pikiran, energi nalar kita, tidak ada satu orang pun yang bisa mengukur energi nalar kita. Karena itu lah kita sebagai warga PSHT harus bisa memberikan manfaat untuk diri kita, keluarga, bangsa dan masyarakat sekitar kita,” jelasnya.

“Kita diberi energi rasa, dari energi rasa ini lah kita bisa mengukur baik tidak baik benar tidak benar, dengan energi ini tujuannya agar kita sadar, kita diberi amanah, diberi bekal oleh Tuhan, untuk bermanfaat bagi Bangsa dan Negara,” imbuhnya.

Lanjutnya, yang paling penting disyukuri oleh warga PSHT yaitu energi persaudaraan.

“Yang lebih penting energi persaudaraan diantara kita, untuk mengembangkan energi persaudaraan ini tidak mudah. Karena setiap orang punya kodrat dan irama yang berbeda antara satu sama lain. Kesadaran adanya perbedaan ini lah menuntut kita semua, agar keberadaan PSHT dimanapun berada harus memberikan manfaat, manfaat untuk kesejahteraan, manfaat untuk ketentraman, manfaat untuk ketertiban masyarakat. Oleh karena itu PSHT punya prinsip sekali disahkan jadi warga selamanya menjadi saudara seumur hidup,” ungkapnya

Selain itu, menurutnya, energi yang harus dipahami oleh semua warga PSHT ialah, energi keyakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karen tuhan maha mengatur sagalanya.

“Energi yang penting untuk kita semua, yaitu energi keyakinan kita kepada Tuhan, Tuhan penentu segalanya, kalau masih terjadi perbedaan, artinya kita masih harus belajar tentang adanya perbedaan, kenapa setiap bulan Muharam kita mengadakan acara Syuran, karena dibulan ini kita diwajibkan belajar memaknai kehidupan,” tambahnya

Diakhir kata sambutannya, Kangmas Muhammad Taufiq menyampaikan pesan dan harapan kepada calon warga baru, agar sadar bahwa didalam dirinya Tuhan titipkan amanah.

“Saya bangga warga PSHT Timor Leste antusias menyambut saudara barunya, yang sebentar lagi akan disahkan, mudah2an dengan doa kita semua, adik2 yang akan disahkan menjadi warga yang baik, warga yang sadar diri, bahwa di dalam dirinya ada amanah tuhan, agar bermanfaat bagi keluarga, masyarakat dan bangsa negara,” harapnya.

Terkait perkembangan isu di Medsos, ada pihak yang menganggap PSHT terbelah, ditegaskan Muhammad Taufiq, bahwa tidak benar. Dikatakannya, PSHT hanya 1.

“Kalau pun sekarang ini berkembang isu di medsos PSHT pecah, itu tidak benar, PSHT hanya satu dimanapun berada, kalau pun ada saudara kita yang punya pandangan berbeda, itu kordratnya manusia, bukan masalah. Kita diajarkan untuk bersikap berani karena benar takut karena salah, untuk memperjuangkan kebenaran tidak boleh takut, kita harus berani bersikap, itu lah ciri bangsa yang merdeka,” tegasnya

“Kita tidak diajarakan mencari musuh, kita tidak diajarkan menggangu orang lain, jika ada orang PSHT yang masih mengganggu orang lain, kemungkinan ilmu setia hati nya belum nyampai. Belum bisa memahami, belum bisa memaknai persaudaraan, tapi itu bukan salah mereka, karena tetap saudara kita, kita harus menghargai sikap mereka, tapi kita juga harus berani ketika musuh datang, harus berani menghadapi, musuh jangan dicari kalau datang harus dihadapi,” tutup Kangmas Muhammad Taufiq.